Pencarian Isi Blogg Ini

Sabtu, 10 November 2012

Amerika Tak Pantas Jadi Anggota Dewan HAM PBB


Ramin Mehmanparast, Jubir Kemenlu Iran.jpg
Ramin Mehmanparast, Jubir Kemenlu Iran.jpg

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran meminta anggota PBB untuk menolak keanggotaan Washington dalam Dewan HAM PBB dengan mengatakan Amerika tak memenuhi syarat  bergabung dalam badan internasional itu.

Ramin Mehmanparast mengatakan pada hari Sabtu (10/11/12) bahwa Iran menyeru anggota PBB, terutama negara-negara berkembang, untuk menolak keanggotaan Amerika itu dalam voting Majelis Umum 12 November mendatang.

Menurut Ramin, Amerika tak memenuhi syarat menjadi anggota Dewan HAM PBB (UNHRC) karena Amerika merupakan negara yang paling tidak menghargai hak asasi manusia di dunia.

Mehmanparast menekankan banyak sekali pelanggaran HAM, konvensi dan perjanjian internasional yang dilakukan Washington. 

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran itu juga mengatakan, sesuai UU-UNHRC hanya negara-negara dengan catatan HAM bersih yang berhak bergabung dengan UNHRC. Mehmanparast menyebutkan Washington terlibat dalam berbagai pembunuhan warga sipil, penyiksaan narapidana di penjara-penjara rahasia dan kampanye anti-Islam.

Awal pekan ini, utusan Iran untuk PBB itu mengecam pelanggaran HAM di negara-negara Barat, termasuk Amerika Serikat dan Kanada dalam sidang Majelis Umum PBB pada hari Kamis (8/11/12). Utusan itu  juga mengkritik pendekatan bias dan standar ganda Barat tentang HAM di negara-negara lain.

Tidak ada komentar: