Pencarian Isi Blogg Ini

Sabtu, 03 November 2012

Hari Ghadir adalah Hari Raya Terbesar Ummat Islam



"Sebagai hari ditetapkannya Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as sebagai pengganti Rasulullah dalam mempimpin umat dan hari disempurnakannya agama Islam maka hari Ghadir selayaknya menjadi hari raya terbesar bagi umat Islam." 



Hari Ghadir adalah Hari Raya Terbesar Ummat Islam
Menurut Kantor Berita ABNA, Hujjatul Islam wa Muslimin Dr. Luk Zai, ketua urusan kebudayaan Majma Jahani Ahlul Bait as dalam acara memperingati Hari Raya Ghadir di Auditorium Kantor Pusat Majma Jahani Ahlul Bait menyatakan ucapan suka cita dan selamat kepada seluruh kaum muslimin dengan datangnya hari raya Ghadir sembari menyatakan, "Problema kebanyakan pengikut Ahlul Bait bukan dari sedikitnya ilmu, melainkan dari kurangnya amal."
Selanjutnya beliau menukil perkataan Imam Shadiq as yang bersabda, "Ajaklah masyarakat untuk menjadi pengikut dan pecinta Ahlul Bait lewat akhlak kalian. Masyarakat harus melihat  kesungguhanmu di jalan Allah, kejujuranmu dan kebaikanmu. Sehingga mereka tertarik untuk menjadi sepertimu." Dari sabda mulia Imam Shadiq ini kita ketahui, bahwa problema terbesar kebanyakan kita kaum muslimin adalah, tidak mengamalkan apa yang kita ketahui."
Ulama yang juga diamanahi sebagai ketua urusan kebudayaan Majma Jahani Ahlul Bait tersebut melanjutkan, "Allah SWT berfirman dalam surah al Ankabut ayat 69, Dan orang-orang yang berjihad untuk (mencari keridhaan) Kami, benar- benar akan Kami tunjukkan kepada mereka jalan-jalan Kami. Dan sesungguhnya Allah benar-benar beserta orang-orang yang berbuat baik. Kalau kita melihat kenyataan yang terdapat dalam dunia Islam dengan segala problema yang dihadapinya, harus kita akui bahwa kebanyakan kaum muslim belum memperlihatkan kesungguhan dan upaya yang keras berjuang di jalan Allah SWT."
Pengajar hauzah dan juga dosen di universitas tersebut pada bagian lain ceramahnya menyatakan, "Syiah dan Sunni telah berabad-abad lamanya telah memiliki perbedaan pendapat dalam berbagai persoalan, dari perbedaan tersebutlah musuh-musuh Islam menjadikannya alat untuk memecah belah kaum muslimin. Dalam tubuh sunni dan syiah pada hakekatnya tidak perlu terjadi perpecahan selama kedua pengikut mazhab besar tersebut bisa saling memahami satu sama lain."
Mengenai Hari Ghadir, petinggi Majma tersebut mengatakan, "Semua kaum muslimin apapun mazhabnya menerima peristiwa Ghadir Khum. Lantas mengapa tidak menjadikan Hari Ghadir sebagai hari persatuan umat Islam? Bukankah persatuan Sunni dan Syiah lebih baik dan lebih bisa menggentarkan musuh-musuh Islam? Bukankah pada hari Ghadir, Nabi menyebut Imam Ali sebagai maulanya dan itu diakui oleh semuan kaum muslimin, sunni maupun syiah?"
Selanjutnya, DR. Luk Zai menyebutkan agama tegak diatas 4 unsur. Kepemimpinan, syariat, ummat dan daulah. "Islam lahir dari kepemimpinan Rasulullah. Rasulullah menerima wahyu dari Allah SWT yang mengutusnya, dari wahyu tersebut tersusun syariat yang Rasulullah sampaikan kepada umat. Bagi umat manusia yang menerimanya terciptalah umat Islam. Dari ketaatan terhadap kepemimpinan Nabi Muhammad saw serta kesungguhan menjalankan syariat Allah, umat Islampun mendirikan Daulah Islamiyah."  
"Masalah terbesar yang dihadapi umat Islam saat ini adalah kelalaian terhadap masalah kepemimpinan ummat. Mereka yang lalai dan mengabaikan pentingnya peristiwa Ghadir Khum akan turut melalaikan salah satu unsur penting dalam tegaknya agama ini." Lanjutnya.
Diakhir ceramahnya, Hujjatul Islam Dr. Luk Zai menyebutkan dalam memperingati Hari Ghadir dan meraup berkah dari hari besar ummat Islam tersebut umat Islam dianjurkan berpuasa pada hari Ghadir sebagai tanda kesyukuran atas besarnya nikmat Allah SWT pada hari ditetapkannya Imam Ali as sebagai khalifah pengganti Rasulullah Saw, berbuat baik dan saling berbagi makanan dengan kaum muslimin sebagai tanda kegembiraan, membaca ziarah Amirul Mukminin, shalat Iedul Ghadir dan sebagainya.
"Sebagai hari ditetapkannya Amirul Mukminin Ali bin Abi Thalib as sebagai pengganti Rasulullah dalam mempimpin umat dan hari disempurnakannya agama Islam maka hari Ghadir selayaknya menjadi hari raya terbesar bagi umat Islam." Ungkapnya.

Tidak ada komentar: